Download 35 Soal Bahasa Indonesia Ujian Sekolah Kelas 6

 SOAL ASESMEN MADRASAH (AM)
KELAS VI MI TAHUN 2022/2023
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA 

I. Berilah tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D di depan jawaban yang paling tepat! 

1. Bacalah teks di bawah ini dengan cermat! 

Sumber daya alam adalah semua kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk mencukupi segala kebutuhan hidupnya. Sumber daya alam ada dua jenis yaitu sumber daya alam hayati dan sumber daya alam non hayati. 

Makna kata bergaris bawah pada paragraf di atas adalah . . . . 

A. Sumber alam yang tidak dapat diperbaharui.
B. Kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan oleh manusia.
C. Sumber daya yang tersedia di alam secara alami.
D. Sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup. 

2. Perhatikan teks di bawah ini dengan cermat! 

Home industri di wilayah Purbalingga semakin berkembang. Hasil produksi berupa aksesori berbahan sampah, seperti sampah plastik pembungkus detergen didaur ulang menjadi alas tikar, payung, tas, dan dompet. Dengan adanya home industri tersebut, selain berperan dalam mengurangi sampah plastik juga dapat membuka lapangan pekerjaan. Sampah yang tidak bernilai diubah menjadi barang yang bernilai jual tinggi,. 

Antonim dari kata bergaris bawah pada teks di atas adalah . . . . 

A. distribusi
B. konsumsi
C. konsumen
D. produsen 

3. Bacalah teks di bawah ini dengan cermat! 

Ebru merupakan salah satu jenis teknik yang digunakan untuk membuat tekstur semu. Pada zaman dahulu, teknik ebru digunakan untuk menghias buku-buku, surat perintah kerajaan, dokumen-dokumen, dan lain-lain. Teknik ebru ini diyakini berasal dari daratan Cina. Hal ini didukung oleh dokumen peninggalan dari Dinasti Tang. Dokumen ini menjelaskan tentang proses pewarnaan kertas dengan air dan lima warna. Seni lukis dengan teknik ebru menyebar melalui jalur perdagangan yang disebut jalur sutra. Hal ini menyebabkan seni lukis ini menyebar sampai ke Iran dan Antolia di Turki. 

Mengapa seni lukis dengan teknik ebru bisa menyebar hingga ke Turki? 

A. Seni lukis ini berasal dari daratan Cina, Dinasti Tang.
B. Banyak digemari oleh para pedangan di Turki.
C. Seni lukis ini menyebar melalui jalur perdagangan.
D. Pewarnaan menggunakan air dan lima warna.

4. Bacalah teks di bawah ini dengan cermat!

Petir, kilat, atau halilintar adalah gejala alam yang muncul pada musim hujan saat langit memunculkan kilatan cahaya sesaat yang menyilaukan. Sesaat kemudian disusul dengan suara menggelegar yang disebut guruh. 

 Petir terjadi karena ada perbedaan potensial antara awan dan bumi atau dengan awan lainnya. Proses terjadinya muatan pada awan karena awan bergerak terus-menerus secara teratur. Selama bergerak, awan berinteraksi dengan awan lainnya sehingga muatan negatif berkumpul pada salah satu sisi (atas atau bawah), sedangkan muatan positif berkumpul pada sisi sebaliknya. 

Perbedaan potensial antara awan dan bumi yang cukup besar, menyebabkan terjadi pembuangan muatan negative melalui udara. Pada saat elektron mampu menembus ambang batas isolasi udara inilah terjadi ledakan suara.

Petir lebih sering terjadi pada musim hujan karena pada keadaan tersebut udara mengandung kadar air yang lebih tinggi sehingga daya isolasinya turun dan arus lebih mudah mengalir. Karena ada awan bermuatan negatif dan awan bermuatan positif, maka petir juga bisa terjadi antar awan yang berbeda muatan.

Kalimat utama paragraf kedua adalah . . .

A. Petir terjadi karena ada perbedaan potensial antara awan dan bumi atau dengan awan lainnya.
B. Proses terjadinya muatan pada awan karena awan bergerak terus-menerus secara teratur.
C. Petir, kilat, atau halilintar adalah gejala alam yang muncul pada musim hujan yang memunculkan kilatan cahaya.
D. Petir lebih sering terjadi pada musim hujan karena pada keadaan tersebut udara mengandung kadar air yang lebih tinggi

5. Bacalah teks di bawah ini dengan cermat! 

Meskipun penyebab utama tanah longsor adalah pengaruh gravitasi pada suatu lereng yang curam, namun ada pula faktor-faktor lainnya yang turut berpengaruh, diantaranya erosi, lereng dari bebatuan dan tanah yang diperlemah melalui saturasi yang diakibatkan hujan lebat, dan gunung berapi yang menciptakan simpanan debu yang lengang, hujan lebat, dan aliran debudebu. 

Ide pokok paragraf di atas adalah . . . 

A. Penyebab terjadinya tanah longsor.
B. Faktor-faktor pengaruh hujan lebat.
C. Penyebab terjadinya erosi dan longsor.
D. Faktor adanya saturasi akibat hujan lebat.

6. Bacalah teks di bawah ini dengan cermat! 

Gotong royong merupakan modal dasar bagi terciptanya suasana kemasyarakatan yang harmonis. Mengapa demikian? Karena dengan bergotong royong, masyarakat akan sering melakukan silaturahmi dan kerja sama, sehingga terjalinlah solidaritas. Seiring dengan munculnya rasa solidaritas inilah, akan muncul juga rasa empati dan simpati di antara masyarakat yang akan mempererat dan memperkuat hubungan masyarakat.

Pernyataan yang sesuai dengan isi teks di atas adalah . . . 

A. Dengan gotong royong, maka pekerjaan menjadi lebih ringan.
B. Gotong royong memunculkan rasa solidaritas, empati, dan simpati.
C. Salah satu dampak dari gotong royong adalah adanya modal dasar.
D. Terciptanya keharmonisan hanya karena bergotong royong. 

7. Bacalah teks informasi di bawah ini dengan cermat!

Demokrasi tersusun dari kata 'demos' yang berarti rakyat dan 'kratos' yang berarti pemerintahan. Secara umum, demokrasi diartikan sebagai pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Indonesia menganut sistem demokrasi Pancasila sesuai dengan kepribadian bangsa. Demokrasi Pancasila mengandung nilai-nilai dan tujuan yang tertuang dalam sila-sila Pancasila. Demokrasi Pancasila adalah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, yang berketuhanan, berperikemanusiaan yang adil dan beradab, mempersatukan Indonesia, dan bertujuan mencapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Oleh karena itu, perwujudan demokrasi di Indonesia tidak bisa lepas dari Pancasila sebagai dasar negara. Semua sila dalam Pancasila memiliki kedudukan yang sama dan setara. Sehingga, keterkaitan antara silanya menjadi satu kesatuan membentuk demokrasi.

Sumber: https://nasional.kompas.com

Berdasarkan isinya, teks di atas termasuk jenis teks… 

A. deskripsi
B. narasi
C. persuasi
D. eksposisi 

 8. Bacalah teks di bawah ini dengan cermat!

Terhitung sejak awal Oktober 2021 lalu, harga minyak goreng di Indonesia naik secara signifikan. Berdasarkan data dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional dalam Katadata.id, harga minyak goreng pada pada 7 Oktober 2021 telah mencapai Rp15.550,- per kilogram. Mirisnya lagi, harga minyak goreng di awal Januari 2022 semakin melambung tinggi mencapai angka Rp18.550,- per kilogram nya. Harga minyak goreng kemasan bermerek pun tak mau kalah dan mencetak harga yang lebih tinggi lagi yakni seharga Rp21.150,- per kilogram. 

Tingginya permintaan dan turunnya penawaran minyak goreng mengakibatkan kelangkaan dan kenaikan harga minyak goreng di sebagian besar daerah di Indonesia. Sementara itu, minyak goreng merupakan salah satu komoditas yang paling dibutuhkan oleh masyarakat setiap harinya untuk mencukupi kebutuhan pangan. Oleh sebab itu, kelangkaan minyak goreng sangat meresahkan masyarakat Indonesia terutama untuk masyarakat dari kelas menengah ke bawah. 

Sumber: https://cwts.ugm.ac.id/2022/03/05/minyak-goreng-langka-ternyata-inilah-penyebabnya/ :

 Prediksi yang terjadi jika terus menerus terjadi kelangkaan minyak goreng adalah . . . . 

A. Minyak goreng akan hilang dari peredaran.
B. Permintaan terhadap minyak goreng menurun.
C. Harga minyak goreng menjadi semakin mahal.
D. Masyarakat Indonesia memasak tanpa minyak goreng

9. Bacalah teks di bawah ini dengan cermat!

Teks 1

Olahraga merupakan kegiatan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Dengan melakukan olahraga, kita bisa mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar serta terhindar dari berbagai macam penyakit. Berbeda dengan orang yang jarang melakukan olahraga, mereka akan lebih mudah terserang penyakit karena daya tahan tubuh mereka rendah 

Teks 2
Penggunaan plastik sebagai salah satu sarana untuk menyimpan, membungkus, dan membawa barang memang mudah. Namun sayangnya masyarakat tidak sadar bahwa membuang plastik sembarangan bisa memicu kerusakan alam. Karena tidak dapat diurai secara alami, tentu saja dapat menjadi salah satu sarang bakteri. Apalagi ketika kondisi kotor sehingga sangat berbahaya bagi lingkungan sekitar. Lingkungan yang kotor secara tidak langsung menganggu kesehatan masyarakat sekitar.

Perbedaan isi kedua teks di atas adalah . . . . 

A. Teks 1 berisi pentingnya menjaga kesehatan, Teks 2 berisi dampak penggunaan plastik.
B. Teks 1 berisi manfaat menjaga kesehatan, Teks 2 berisi gangguan kesehatan masyarakat.
C. Teks 1 berisi manfaat olahraga, Teks 2 berisi dampak penggunaan plastik.
D. Teks 1 berisi ajakan berolahraga, teks 2 ajakan mengurangi penggunaan plastik. 

10. Bacalah teks di bawah ini dengan cermat! 

Pencak silat merupakan tradisi yang diturunkan secara lisan, dari guru kepada muridnya. Hampir tiap daerah di Nusantara memiliki tokoh pendekar silat kebanggaan. Pencak silat memiliki gerakan unik yang mengalir dengan koreografi layaknya tarian. Dalam tiap gerakan juga terkandung filosofi. Hal ini membuat pencak silat menjadi salah satu ilmu bela diri yang menarik minat dunia. Negara anggota Persilat (Persekutuan Pencak Silat Antar-Bangsa) saat ini telah mencapai 47 negara. 

Di belahan dunia yang berbeda, berkembang juga berbagai jenis olahraga bela diri. Karate dari Jepang, Taekwondo dari Korea, Capoeira dari Brasil, serta Muay Thai dari Thailand merupakan beberapa contoh olahraga bela diri yang juga dikenal dan dipelajari di Indonesia. Globalisasi memberikan kemudahan dalam pertukaran ilmu, termasuk ilmu bela diri. Tabel pokok pikiran 

Paragraf Pokok Pikiran
1 ....(Y)....
2 ....(Y)....

Isian yang tepat dan urut untuk melengkapi tabel di atas adalah . . . . 

A. Berbagai jenis olahraga bela diri di belahan dunia, Pencak silat merupakan tradisi turun temurun
B. Pencak silat merupakan tradisi turun temurun, Berbagai jenis olahraga bela diri di belahan dunia

C. Pencak silat berasal dari Indonesia, Berbagai jenis olahraga di belahan dunia
D. Salah satu olahraga yang diminati dunia, Globalisasi memudahkan segalanya

11. Bacalah penggalan cerita di bawah ini dengan cermat!

“Aduh, saya lupa tidak membawa buku Bahasa Indonesia!’teriak Sauji saat memeriksa isi tasnya. Saat Sauji panik, Pak Barikly masuk ke kelas. Pak Barikly memperhatikan kepanikan Sauji. “Ada apa Sauji? Mengapa kamu terlihat panik begitu?” tanya Pak Barikly. “Buku Bahasa Indonesia saya tertinggal di rumah, Pak,” ujar Sauji terus terang. “Mengapa kamu bisa lupa?” Pak Barikly kembali bertanya. “Tadi malam saya tidur larut malam karena membaca komik, Pak. Pagi ini, saya bangun kesiangan dan buru-buru berangkat sekolah. Saya pun lupa membawa buku, Pak, “ kata Sauji sambil tertunduk malu.

Informasi tersurat berdasarkan penggalan cerita di atas adalah . . . 

A. Sauji terlupa tidak mengerjakan PR Bahasa Indonesia.
B. Pak Barikly menegur anak-anak yang tidak membawa buku.
C. Sauji panik karena Pak Barikly memperhatikan tingkah lakunya.
D. Sauji lupa membawa buku Bahasa Indonesia karena bangun kesiangan.

12. Bacalah penggalan cerita di bawah ini dengan cermat!

Farah dan Kak Nurul memiliki kegemaran olahraga yang berbeda. Farah gemar bersepeda dan Kak Nurul gemar berlari. Keduanya sering berolahraga bersama, terutama Ketika hari Minggu pagi. Mereka sering keliling kota. Terkadang Kak Nurul membonceng Farah apabila kecapaian. Farah dengan senang hati akan memboncengkan

Latar suasana penggalan cerita di atas adalah . … 

A. ceria
B. sedih
C. haru
D. tegang 

13. Bacalah penggalan dongeng di bawah ini dengan cermat!

Caadara tumbuh menjadi pemuda tangkas dalam ilmu bela diri dan berburu. Suatu hari, dia dan teman-temannya berburu ke hutan. Setelah menempuh perjalanan berat, Caadara dan teman-temannya memperoleh binatang buruan. Mereka pun berencana untuk pulang. Di tengah perjalanan, mereka bertemu dengan pasukan perampok. Pertempuran pun tidak bisa dicegah. Pekikan mengerikan di sela-sela senjata yang beradu tidak henti-hentinya terdengar. Namun, Caadara tidak gentar. Dia berhasil mengalahkan pasukan perampok. Berkat petunjuk Caadara, teman-temannya pun berhasil mengalahkan musuh. “Wah, kamu hebat, Caadara! Kamu pantas menjadi panglima perang kami.” kata teman Caadara. “Kami akan mengusulkan kepada Panglima Wire untuk mengangkatmu menjadi panglima perang baru,” sahut teman Caadara lainnya. “Aku tidak mengincar jabatan, Teman-teman. Aku hanya ingin melakukan yang terbaik untuk desa kita, “sahut Caadara.

Watak tokoh utama penggalan dongeng di atas adalah . . . . 

A. pemberani, rendah hati
B. pemberani, rendah diri
C. besar kepala, tinggi hati
D. gagah perkasa, rendah hati

 14. Bacalah cuplikan dongeng di bawah ini dengan cermat

Kasuari memiliki badan besar dan sayap lebar. Dia mampu terbang tinggi. Dia memetik banyak sekali buah-buahan yang telah masak sehingga burung-burung lain tidak kebagian. Mengetahui perilakunya yang seperti itu, tak seekor burung pun mau berteman dengannya. Tak hanya buah-buahan yang masih di pohon, buah-buahan yang jatuh pun diambilnya. Burung-burung lain makin marah. Mereka mencari cara agar Kasuari sadar dari sifatnya. Dara Makota dan burung-burung lain akhirnya memutuskan untuk menantang Kasuari lomba terbang. Siapa yang mampu terbang tinggi dan paling jauh, dialah pemenangnya. Lomba pun dimulai. Kasuari dan Dara makota melesat dengan cepat. Kasuari terbang begitu tinggi. Sesekali dia menoleh Dara Makota yang berada di belakangnya. Tiba-tiba….. brakkkk…. Kasuari menabrak batang pohon hingga sebelah sayapnya patah. Dia berusaha bangkit dan mengepakkan sayapnya. Namun sayang, dia terjatuh dan menggelapar di tanah.

Konflik yang terjadi dalam penggalan cerita di atas adalah . . . 

A. Keserakahan Kasuari menyebabkan ia tidak memiliki teman di sekitarnya.
B. Kesombongan Kasuari menyebabkan Dara Makota dan burung-burung lainnya marah.
C. Kemarahan Dara Makota menyebabkan Kasuari menantang lomba terbang.
D. Kasuari terjatuh saat lomba karena menabrak pohon hingga sayapnya patah.  

15. Bacalah pantun di bawah ini dengan cermat! 

     Makan sahur sangat nikmat lauk ikan, 

     ikan hasil tangkapan pagi hari. 

     Tingkatkan amalan di bulan Ramadan, 

     untuk meraih berkah sang Ilahi. 

Amanat pantun di atas adalah . . . 

A. Bersyukur atas karunia Allah berupa ikan hasil tangkapan agar mendapat keberkahanNya di bulan Ramadan.
B. Manfaatkan bulan Ramadan sebaiknya-baiknya dengan meningkatkan amal ibadah untuk mendapat keberkahan Allah.

C. Agar meningkatkan ibadah saat di bulan Ramadan untuk mendapatkan keberhakan Ilahi sehingga masuk surga.
D. Sebaiknya saat kita suhur selama bulan Ramadan dengan lauk ikan agar mendapat keberkahan sang Ilahi.

 16. Bacalah syair di bawah ini dengan cermat!

Janganlah berbuat maksiat
Jangan pula menebar jahat
Segeralah engkau bertaubat
Agar selamat dunia akhirat

Informasi tersirat dari syair di atas adalah . . . 

A. Agar selamat dunia dan akhirat sebaiknya segeralah bertaubat dari perbuatan maksiat dan jahat.
B. Jika kita bertaubat dari perbuatan maksiat dan jahat, kita akan selamat di dunia.
C. Jika kamu melakukan maksiat dan jahat, maka segeralah bertaubat agar selamat di akhirat.
D. Segeralah bertaubat dari perbuatan maksiat dan jahat agar hidup penuh dengan keberkahan.  

17. Bacalah penggalan puisi di bawah ini dengan cermat!

Mentari pagi selalu menyapaku
Mengobarkan bara dalam sanubariku
Tuk terus menimba ilmu
Tak peduli betapa jauh tempatmu
     Halangan dan rintangan pun tak kan membuatku buntu
     Karena aku tahu
     Kau adalah gerbang menuju masa depan
     Masa depan yang ku asakan
     Demi bakti kepada orang tuaku

Makna kalimat Halangan dan rintangan pun tak kan membuatku buntu pada penggalan puisi di atas adalah . . . 

A. Mewujudkan harapan orang tua dengan rajin belajar.
B. Halangan dan rintangan dalam menimba ilmu adalah hal biasa.
C. Semua cobaan yang datang ketika mencari ilmu harus dihadapi.
D. Tidak putus asa dalam menuntut ilmu meskipun datang cobaan.

18. Bacalah penggalan cerita di bawah ini dengan cermat!

      Di pedalaman Pulau Bali, terdapat desa yang subur. Di sana tinggal sepasang suami istri yang bekerja sebagai petani. Menjelang panen, si Suami berkata kepada isrinya, “Jika hasil panen melimpah, buatlah tumpeng nasi yang besar, kemudian undanglah tetangga untuk makan bersama!” Istri pun setuju. Tak lama kemudian harapan mereka terkabul. Panen padi melimpah. Si Istri menyiapkan tumpeng nasi dan mengundang seluruh penduduk desa untuk makan bersama.
      Menjelang panen berikutnya, suami istri itu pun berharap panennya melimpah. “Semoga panen lebih banyak lagi, kalau bisa tiga kali lipat dari sebelumnya. Jika harapanku terkabul, buatlah tiga tumpeng nasi yang lebih besar dari sebelumnya!” pinta si Suami tersebut. Ternyata panen pun melimpah seperti harapan mereka. Kemudian, si istri membuat tiga tumpeng dan mengundang seluruh penduduk desa untuk berpesta kembali.

Keteladanan dari tokoh cerita di atas adalah . . .  

A. Terlalu berlebihan dalam berdoa dan bersikap.
B. Tekun bekerja, tetapi kurang mensyukuri rezeki yang didapatkan.
C. Dermawan dan selalu mensyukuri setiap rezeki yang diberikan.
D. Meskipun serakah, tetapi suka berbagi dengan sesama.

 19. Bacalah paragraf di bawah ini dengan cermat! 

     Hari ini peserta didik kelas 6 akan mempraktikkan cara membuat telur asin. Peserta didik wajib membawa 2 butir telur bebek, namun dalam pembuatannya berdasarkan kelompok. Setiap kelompok wajib menyiapkan ember, garam, dan batu bata. Karena tidak ada telur bebek, beberapa peserta didik menggantinya dengan telur ayam. Bu guru pun memperbolehkan telur bebek diganti telur ayam karena telur asin pun bisa dibuat dari telur ayam. 

Peribahasa yang sesuai dengan teks di atas adalah . . . . 

A. Tangan mencencang bahu memikul
B. Panas setahun diguyur hujan sehari
C. Tak ada rotan akar pun jadi
D. Ke mana angin bertiup, ke situlah condongnya.

 20. Perhatikan teks di bawah ini dengan cermat! 

Ibuku senang berkebun. Kebun samping rumah kami seperti warung hidup. Baru-baru ini ibu menanam cabai. Langkah menanam cabai yang dilakukan oleh ibuku antara lain memilih benih cabai yang berkualitas, mengeluarkan biji cabai dari buahnya, menjemur biji cabai, menyeleksi biji cabai, menyemai biji cabai, memindah ke media tanam, dan yang terakhir merawat tanaman cabai dengan baik. 

Selain karena hobi menanam, ibuku memang . . . sehingga hampir semua tanaman tumbuh subur. 

Ungkapan yang tepat untuk melengkapi cerita di atas adalah . . . . 

A. ringan tangan
B. gulung tikar
C. cepat kaki
D. bertangan dingin.

 21. Perhatikan langkah-langkah acak berikut ini! 

1) Ikatkan kedua ujung tali karet pada kedua kaki ranting yang berbentuk huruf Y
2) Siapkan bahan berupa beberapa karet dan sebuah ranting/kayu kecil berbentuk huruf Y
3) Ketapel siap digunakan
4) Rangkai beberapa karet tersebut menjadi sebuah tali karet Urutan yang tepat membuat ketapel adalah . . . . 

A. 1-2-4-3
B. 2-1-4-3
C. 2-3-1-4
D. 2-4-1-3

 22. Perhatikan cuplikan laporan hasil kunjungan di bawah ini dengan cermat!

Hari Sabtu, 25 Februari 2023 peserta didik kelas 6 mengunjungi salah satu objek wisata di Purbalingga, yaitu Dino Land Park. ( . . . . ) Ada Tyrannosaurus Rex (Tyrex), Velociraptor, Brachiosaurus, Stegosaurus, dan lain-lain. Pengunjung dapat menyentuh dan berfoto sesuai gaya yang diingingkan. Uniknya, wisata Dino Land Park ini terdapat seekor dino yang bisa bergerak layaknya hewan hidup dengan desain yang hampir mirip dengan aslinya baik bentuk tubuh, muka, maupun suaranya. Lokasi Dino Land Park di Jalan Krajan, Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Destinasi wisata Dino Land Park buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi cuplikan laporan di atas adalah . . . . 

A. Dino Land Park menghadirkan koleksi berbagai jenis manusia purba yang mirip dengan aslinya.
B. Dino Land Park menghadirkan koleksi berbagai jenis hewan buas yang ada di hutan Indonesia.
C. Dino Land Park menghadirkan koleksi berbagai jenis hewan purba yang mirip dengan aslinya.

D. Setiap hari libur Dino Land Park ramai oleh wisatawan, baik dari wisatawan lokal maupun luar Purbalingga. 

23. Perhatikan gambar di bawah ini! 

 

Cerita yang sesuai dengan gambar di atas adalah . . . . 

A. Dalam rangka HUT RI, kampung kami mengadakan berbagai macam lomba. Lomba diadakan di lapangan desa. Saya, Udin, dan Fares mengikuti lomba kaki seribu. Dengan penuh semangat kami melangkahkan kaki secara bersama-sama sambal menyerukan yel yel.
B. Dalam rangka HUT RI, sekolah kami mengadakan berbagai macam lomba. Lomba diadakan di dalam kelas. Kami mengikuti lomba baca puisi. Satu per satu peserta lomba maju membacakan puisinya.
C. Dalam rangka menyambut Ramadan, sekolah mengadakan berbagai lomba. Beberapa lomba yang diadakan antara lain pidato, syair, tilawah, dan hafalan Al-Qur’an. Lomba berjalan lancar. Setelah pelaksanaan lomba, peserta didik pulang lebih awal.
D. Ketika istirahat, Ramiza, Faiz, Dimas, dan teman-teman lainnya bermain di lapangan. Ada yang bermain sepakbola, kaki seribu, dan tiup balon. Setelah istirahat selesai, mereka pun kembali ke kelas untuk mengikuti pelajaran.

24. Perhatikan kalimat rumpang di bawah ini! 

Beberapa hutan ( . . . ) sebagai kawasan konservasi agar kelestarian hewan dan tumbuhan tetap terjaga. 

Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang di atas adalah . . . . 

A. menjadi
B. menjadikan
C. kejadian
D. dijadikan 

25. Bacalah teks di bawah ini dengan cermat! 

Cahaya sumber energi merupakan matahari dalam kehidupan utama. Tumbuhan berklorofil memanfaatkan cahaya matahari untuk berfotosintesis. Sinar matahari yang ditangkap oleh tumbuhan itu berbeda-beda banyaknya. Hal ini bergantung pada ketinggian dari permukaan laut (dpl) dan penutupan oleh tumbuhan suatu daerah. 

Perbaikan tata kalimat yang tepat untuk kalimat bergaris bawah pada paragraf di atas adalah . . . 

A. Cahaya matahari merupakan sumber energi utama dalam kehidupan.
B. Matahari merupakan sumber cahaya energi utama dalam kehidupan.
C. Matahari merupakan sumber cahaya utama energi dalam kehidupan.
D. Cahaya utama matahari merupakan sumber energi dalam kehidupan. 

 II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat! 

26. Bacalah penggalan pidato di bawah ini dengan cermat!

Anak-anak kelas 6 yang bu guru banggakan
      Waktu begitu cepat berlalu. Tidak terasa sebentar lagi akan dilaksanakan ujian madrasah. Saat ini fokuskan tenaga dan pikiran kalian untuk persiapan ujian. Segala hal yang menjadi penghalang ujian, sebaiknya ditinggalkan seperti bermain hingga lupa waktu, bermalas-malasan, bermain game, dan lain sebagainya. Rajinlah belajar. Gunakan waktu sebaik-baiknya. Selain itu, jaga kesehatan dengan tetap rutin berolahraga dan makan makanan yang . . . dan sehat.

Kata yang tepat untuk melengkapi pidato di atas adalah . . . .  (berigizi)

27. Perhatikan petunjuk penggunaan kompor gas di bawah ini! 

1) Letakkan wadah di atas kompor
2) Tekan knop kemudian … ke arah kiri untuk menyalakan
3) Atur api sesuai kebutuhan
4) Matikan kompor jika selesai digunakan 

Kata yang tepat untuk melengkapi petunjuk rumpang di atas adalah . . . . (putar)

28. Perhatikan penggalan surat resmi di bawah ini! 

 

Tanda baca yang tepat untuk melengkapi penggalan surat di atas yang bertanda X adalah . . . – (tanda hubung)

29. Perhatikan penggalan percakapan di bawah ini! 

Kelinci      : “Hai, Kura-kura, aku akan menantangmu lomba lari? Apakah kamu bersedia?” 

Kura-kura : “Ya, aku bersedia lomba lari denganmu.” 

Perbaikan yang tepat tanda baca bergaris bawah pada percakapan di atas adalah .... ! (tanda seru)

 30. Bacalah cerita di bawah ini dengan cermat! 

Hari Minggu pagi, Azka , Lian, dan Haris berenang di salah satu kolam renang dekat rumah Azka. Pukul 06.00 mereka sudah sampai di kolam renang. Seperti biasa, sebelum berenang, mereka melakukan pemanasan terlebih dahulu. Mereka tahu bahwa Lian tidak bisa berenang sehingga tidak ada yang berani mengajaknya ke kolam yang dalam. Azka dan Haris lomba berenang di kolam yang dalam. Lian ingin menyusul Azka dan Haris. Tanpa pikir panjang, dia pun memaksakan diri berenang ke kolam di mana Azin dan Haris berada. 

Prediksi yang terjadi dari penggalan cerita di atas adalah Lian . . . dan segera ditolong oleh Azka dan Haris. 

Kata yang tepat untuk melengkapi prediksi cerita di atas adalah . . . . (tenggelam)

III. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

31. Bacalah paragraf di bawah ini dengan cermat! 

     Tanaman pisang bisa diolah dari buah hingga jantung pisang. Daun pisang bisa digunakan sebagai pembungkus makanan, buah pisang bisa diolah menjadi berbagai macam makanan dan jantung pisang juga bisa dimasak karena mengandung flavonoid yang bermanfaat bagi tubuh. Begitu juga hati pisang bisa dikonsumsi. Memang, tanaman pisang kaya manfaat. 

Tentukan kalimat utama paragraf di atas!

Kunci : Memang, tanaman pisang kaya manfaat.

32. Perhatikan gambar di bawah ini!

Buatlah paragraf narasi sesuai gambar di samping! ( minimal 4 kalimat)

Kunci : 

Kebijakan korektor
Contoh : Pagi hari, Sena dan adiknya bersiap berangkat sekolah. Sebelum berangkat, mereka berpamitan kepada ibu dan ayah. Ibu dan ayah pun dengan penuh kasih sayang melepas mereka berangkat sekolah. Mereka merasa sangat bahagia.

33. Bacalah penggalan pidato rumpang di bawah ini!

Hadirin yang saya hormati,
      Seperti yang kita ketahui bersama bahwa lingkungan sangat berarti bagi kita. Jika lingkungan tempat tinggal kita bersih maka akan menjadikan hidup lebih sehat. Namun sebaliknya, jika lingkungan kotor maka akan membawa banyak dampak buruk bagi kita seperti munculnya berbagai penyakit. Oleh karena itu, jagalah lingkungan kita agar tetap bersih. ( . . . ) Jika kita membuang sampah pada tempatnya, maka akan meminimalisir berbagai penyakit yang muncul dan dapat terhindar dari bencana banjir.

Lengkapilah penggalan pidato di atas dengan kalimat yang tepat!

Kunci : Membuang sampah harus di tempatnya ( kebijakan korektor)

34. Bacalah paragraf di bawah ini dengan cermat! 

      Langkah pertama pembuatan mi ongklok adalah merebus mi dan sayuran. Setelah ditiriskan, mi dan sayur matang menggunakan wadah. Proses penirisan ini dilakukan dengan cara menggoyangkannya sehingga menimbulkan bunyi ongklok-ongklok. Konon, dari sinilah asal mana mi ongklok. 

Perbaikilah tata kalimat bercetak miring pada paragraf di atas!

Kunci : Setelah matang, mi dan sayur ditiriskan menggunakan wadah

35. Perhatikan cuplikan percakapan di bawah ini! 

Bachri    : “Hisyam, jangan terlalu dekat menonton tivi!”     

Hisyam  : “Mengapa! Jika terlalu jauh, saya tidak begitu jelas melihat gambarnya.” 

Bachri    : “nah, itu akibatnya. Jarak minimal 3 meter agar mata kita tidak cepat rusak.” 

Perbaikilah ejaan pada kata dan tanda baca yang bergaris bawah! 

Kunci : 

tivi = televisi
! = ?
nah = Nah
.=!

Previous
Next Post »